Sunday, February 13, 2011

Tebing Tinggi - Jambi



Untuk mencapai tujuan perjalanan kami, kira-kira lima belas menit perjalanan dari perbatasan Riau-Jambi, kami berbelok ke kiri di Simpang Rambutan. Seterusnya perjalanan melintasi jalanan tanah berdebu selama sekitar satu jam. Debu mengepul tepal di belakang kenderaan yang kami tumpangi, membuat putih pepohonan di pinggir jalan. Rumah-rumah penduduk jarang, hanya satu-satu yang kami lewati. Selebihnya perkebunan sawit dan tanaman hutan industri milik sebuah perusahaan bubur kertas di daerah ini.

Mencapai pinggiran sungai Kuala Tungkal, kenderaan berhenti. Air sungai sedang surut sehingga ferry penyeberangan tidak bisa beroperasi. Para penumpang turun untuk menyeberang dengan perahu. Penumpang dipungut biaya dua ribu rupiah perorang, sedangkan motor dikenakan ongkos lima ribu rupiah. Hanya perlu sepuluh menit untuk penyeberangan.

Kenderaan lain sudah disiapkan untuk membawa kami ke tujuan. Sedangkan kenderaan yang kami tumpangi tadi harus menunggu air sungai pasang supaya bisa menyeberang dengan ferry penyeberangan.







No comments:

Post a Comment

Post a Comment