Saturday, July 13, 2013

Perbaiki "Error. Press shutter release button again" pada DSLR Nikon

Akhirnya sampai juga saatnya. Ditengah keasyikan membuat gambar di sebuah tempat wisata di Sumatra Barat, SLR Nikon saya tidak bereaksi. Di layarnya muncul pesan yang sama sekali tidak pernah diharapkan sebelumnya:



Segala cara dicoba. Mulai dari menukar lensa, mengganti baterai, mengganti memori card hingga mereset kamera. Semua tanpa hasil. Akhirnya mengambil gambar diteruskan dengan kamera pocket Canon PSA510, satu-satunya yang tersedia saat itu.
Setelah melakukan pencarian di internet, ternyata banyak yang mengalami masalah yang sama. Penyebabnya adalah shutter yang bermasalah, rata-rata karena macet. Rata-usia pakai shutter untuk kamera sekelas saya punya adalah sekitar 50.000 klik. Cek punya saya sudah mencapai 55641. Usia pakai kamera adalah sekitar 5 tahun. 


Solusinya ternyata sederhana (seandainya hanya macet, dan motor penggerak mekanisme shutter masih dalam kondisi bagus) yaitu menghilangkan penghambat pada gear shutter dan lumasi dengan pelumas ringan seperti silicon lubricant ataupun yang lainnya. Jika membawa ke kedai perbaikan, ongkosnya bisa mengerikan, mungkin lebih masuk akal membeli body baru. Jadi setelah dipertumbangkan, diputuskan tidak ada ruginya untuk mencoba.

Langkah perbaikan adalah sebagai berikut:

Siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan. Alatnya hanya obeng presisi seperti yang dipakai tukang perbaiki jam, tusuk gigi dan cotton bud.



Pelumas yang dipakai adalah Silion Lubricant Spray yang bisa diperoleh di toko-toko bangunan.




Sebaiknya jangan menyemprot langsung ke kamera karena bisa menyebar kemana-mana dalam kamera dan menyebabkan permasalahan lainnya. Tampung dalam tempat penampung dan gunakan cotton bud untuk melumasi.


Ada sembilan baut yang harus dibuka untuk membuka tutup bawah kamera, 5 panjang dan empat pendek. Siapkan denahnya dan gunakan selotip untuk menampung baut jika ragu bautnya akan terrtukar.

 





Dengan menggunakan obeng presisi, buka baut satu persatu. Letakkan di denah sesuai dengan posisinya.




Setelah semua baut selesai di lepas, lepaskan tutup bawah kamera.
 

 Roda gigi merah inilah mekanisme penggerak shutter. Kemacetan terjadi di sini.


Dengan menggunakan tusuk gigi, gerakkan roda gear maju mundur beberapa kali. Periksa akan adanya kotoran, buang jika ada.


Jika perlu gunakan kaca pembesar untuk pemeriksaan yang lebih teliti.


Dengan menggunakan cotton bud, lumasi gear merah tersebut. Gerakkan gear maju mundur sambil dilumasi sehingga pelumasannya merata.

 
Pasang kembali baterai dan memori kard.  Sambil menahan baterai dengan jari tangan, hidupkan kamera. Jika motor shutter tidak ada masalah, kamera sudah bisa berfungsi kembali. Punya saya langsung hidup dan bisa mengambil gambar kembali. Suara shutternya terasa berbeda. Sebelum macet, suara shutternya kira-kira adalah “cakleeeeaaaak”, sekarang menjadi seperti dulu lagi “cakleeeek”.

Tutup kembali bagian bawah kamera. Pasang kembali baut sesuai dengan posisinya. Kamera saya sudah berfungsi kembali.


40 comments:

  1. dewi rafita7:09 PM

    Itu beneran bisa berfungsi lagi?:( kameraku rusak kayak gitu soalnyaaa. Trs harga minyaknya berapa?

    ReplyDelete
  2. Betul bisa berfungsi... Tetapi pendek umurnya. Hanya nambah Shutter cound sekitar seribuan. Trus mati total, error yang sama tidak mau hilang. Search di internet, saya telepon kemana-mana untuk mencari referensi biaya ganti shutter unit. Paling murah di Alta Nikindo (CMIIW), perkiraan biaya ± 500 ribuan. Titip lewat toko kamera yang ada di kota kami. Ongkir gratis. Dua minggu kemudian datang telepon dari toko kamera tempat menitip, barang sudah OK. Total biaya ±400 ribuan. Sekarang tidak ada masalah lagi (nunggu unit shutternya mati lagi, mungkin sampai SC 5 ribuan lagi...)
    Pelumas silikon beli di Ace Hardware, harga 50 ribuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Servicenya dmn gan?
      Punya ane d90 muncul err juga

      Delete
    2. Servicenya dmn gan?
      Punya ane d90 muncul err juga

      Delete
  3. sangat bermanfaat...
    jadi merasa tenang juga setelah mbaca postingan agan.tengkyuh gan keep posting !

    ReplyDelete
  4. bakalan ane coba gan,,,,,thanks buat tipsnya....jangan bosen berbagi tips ya gan...

    ReplyDelete
  5. Makasih atas ilmu yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. koment nya kok gak ada tanggal ya gan?? kaya blog2 lainnya. kalo sekarang kira2 berapa biaya perbaikan shutter utk nikon d3200 (per 30 maret 2016)* terpasksa dibkin tanggal manual biar user lain tahu :)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih gan infonya... Untuk sementara DSLR saya berfungsi kembali

    ReplyDelete
  8. Terima kasih gan infonya... Untuk sementara DSLR saya berfungsi kembali

    ReplyDelete
  9. Mau tanya Gan, gimana caranya mencetak teks pada foto secara langsung di kamera. TRIms Gan

    ReplyDelete
  10. Mau tanya Gan, gimana caranya mencetak teks pada foto secara langsung di kamera. TRIms Gan

    ReplyDelete
  11. Terima Kasih atas postingan yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  12. Mau coba takut kesalahan
    Sdh sebulan lebih camera ngangkrak

    ReplyDelete
  13. Terimakasih Atas Postingan Ini. Kamera Nikon D40 Saya Muncul Masalah Itu Minggu 11 Des 2016. Kamera Saya Beli September 2010. Memang Sudah Tua. (Asenk Lee Saragih).

    ReplyDelete
  14. terimakasih, alhamdullillah saya akan mencobanya

    ReplyDelete
  15. kinin sy mengalami hal serupa,pada cameraku Nikon D90,makasih sebelumnya n akan
    saya coba perbaiki sendiri,slm kompak Frans di kota Ambon.-

    ReplyDelete
  16. Makasih gan d40 sehat kembali cihui

    ReplyDelete
  17. Nikon D90 saya mengalami masalah yang sama,namun sudah mencoba memutar secara manual gear di bagian bawah kamera sambil dilumasi,tetap shutter macet..,masih juga muncul tulisan "err" di layar.

    ReplyDelete
  18. Kamera saya D3300 SC baru 13000 kurang tapi sudah "Error. Press shutter release button again"
    Saya coba ingin coba cara tersebut, tapi sulit membuka body bawah kameranya, sepertinya body bawah kamera menyatu dengan body atas.
    Mohon bantuan,
    Agung, Bogor
    Thanks

    ReplyDelete
  19. Mau tanya gan saya punya kamera nikon 5100, pada saat foto katanya tekan kembali tombol rena tp hasilnya ada gelap, mohon infonya gan

    ReplyDelete
  20. Misi gan punya ane d5000, awal mulanya tidak dpake lama kemudian ganti batre ada nyala berkedip sekarang dmasukin batre lampu gk nyala sama sekali kira2 apanya gan? Makasih?

    ReplyDelete
  21. Misi gan punya ane d5000, awal mulanya tidak dpake lama kemudian ganti batre ada nyala berkedip sekarang dmasukin batre lampu gk nyala sama sekali kira2 apanya gan? Makasih?

    ReplyDelete
  22. gak bisa punya ane gan..hohoho

    ReplyDelete
  23. Untuk nikon d90 biasa nya error shutter karena pulley motor shutter(plastic)pecah jadi saat motor berputar pulley yg menggerakan mechanism shutter tdk ikut berputar penuh

    ReplyDelete
  24. Me@Mor-c photography bdg

    ReplyDelete
  25. Punya ane eror kaya gitu tp buat shuter masih bisa, dan muncul hasil juga, cuma apreture lensa kit ane gak bisa diubah, apa dari aperture gak bisa diubah juga nyebab in error semacam itu?

    ReplyDelete
  26. Untuk bukaan besar normal, tp bukaan kecil error muncul tulisan itu

    ReplyDelete
  27. Camera nikon d40 saya juga mengalami hal serupa, apa masalah lama gak dijamah sampe lupa caranya cekraaeeekkk... Heee.. saya coba ilmunya ya bang.. mudah-mudahan bisa cekraeeekk.. cekreeekk.. lagi.. hiii

    ReplyDelete
  28. Sama gan keluar tulisan itu punya sy d3300 coba dibongkar tapi ngeri posisi girnya ada di dalam di bawah pcb

    ReplyDelete
  29. Saya nikon D3000 juga seperti itu,eror terus

    ReplyDelete
  30. My camera D 5200 show errer . that press shutter released button again. ۔ plz guide me what i do

    ReplyDelete
  31. terimaksaih pengalamannya coba dulu

    ReplyDelete
  32. sama gan d5000 gua jg gt, mau gua buka susah bautny buat diputer solusiny gimana gan

    ReplyDelete
  33. Sama jg dgn Nikon punya saya d80,sdh 2x error, bawa ke nikon service habis rp.1.250.000...

    ReplyDelete
  34. Minta tolong sulusinya punya saya D 5100
    Di layar keluar terus tulisan
    Kesalahan tekan lagi tombol pelepas rana sekarang kamera tidak bisa di pakai sama sekali minta solusinya biar kembali semula

    ReplyDelete
  35. Thanks for information gan

    ReplyDelete
  36. Letak gigi shutter count Nikon D7000 bagian bawah atau dimana yg bisa dikasih cleaner?

    ReplyDelete