Friday, February 11, 2011

Lintas Pematang Reba - Jambi

Menuju Jambi melalui jalur lintas timur antara Pematang Reba dan perbatasan Riau - Jambi merupakan siksaan. Kondisi jalan yang rusak parah nyaris sepanjang perjalanan membuat guncangan kenderaan yang membikin lambung mual. Tidak tanggung-tanggung, kadang kenderaan ronda empat harus antri untuk melewati satu titik jalan yang lubangnya sudah membentuk kubangan dalam sehingga tidak lagi bisa dilewati bahkan oleh truk besar sekalipun. Jarak sekitar seratusan kilometer ditempuh dalam tiga jam bahkan bisa lebih kalau lalulintas lagi ramai.

Pas di tugu perbatasan, sebiuah lubang menganga dalam, mengucapkan selamat jalan. Lubangnya begitu dalam sehingga kenderaan harus melintas satu-satu di sisi jalan yang kondisinya agak baik.

Memasuki wilayah Jambi, kondisi jalan berbeda bagaikan bumi dengan langit. Jalanan ulus nyaris tanpa cacat, dengan marka jalan yang jelas. Kenderaan bisa dipacu dengan kencang, dan penumpangpun bisa lebih menikmati perjalanan. Jarak sekitar seratus sembilan puluh kilometer ke Jambi dari perbatasan bisa dicapai dalam waktu sekitar dua jam saja.

Riau memang ketinggalan jauh dalam soal sarana jalan raya dibandingkan dengan berbagai daerah lain.







No comments:

Post a Comment