Thursday, December 02, 2010

Bukik Takuruang

Sebuah bukit kecil, terjal dan runcing, menjulang di tengah hamparan dataran yang dikelilingi oleh pebukitan dan gunung di sekitar Ngarai Sianok. Hanya berjarak beberapa kilometer dari kota Bukittinggi melewati Ngarai Sianok, lokasi Bukik Takuruang - begitu penduduk setempat menamainya - menawarkan pemandangan yang memikat. Sebuah sungai kecil yang dangkal berair jernih melengkapi keindahan yang mempesona. Daerah ini menjadi salah satu tujuan jalan-jalan masayarakat. Lingkungannya sangat alami. Dari simpang jalan Bukittinggi - Kotogadang, lokasi tersebut bisa dicapai memlalui sebuah jalan kecil beraspal, yang hanya bisa dilewati oleh satu kenderaan roda empat. Jika ada kenderaan roda empat lainnya dari arah yang berlawanan, salah satu mesti mengalah dan minggir, untuk membiarkan kenderaan lainnya lewat.

Kira-kira seratus meter melewati lokasi Bukik Takuruang, beberapa cottage sedang dibangun. Sebuah cafe sudah beroperasi, dengan lokasi yang menghadap ke arah bukit yang menawarkan pemandangan yang mempesona. Dikejauhan, membelah bukit, sebuah air terjun menderu menuju ke bawah. Di jalan, serombongan anak sekolah sedang melakukan kegiatan lintas alam.

Di sebelah kanan jalan, dengan sedikit mendaki tebing yang membatasi jalan, terpampanglah pemandangan yang tidak terduga: hamparan sawah bertingkat-tingkat yang dipagari oleh bukit-bukit kecil dengan tebing yang nyaris terjal. Sungguh sebuah panorama yang tidak terlupakan.





No comments:

Post a Comment